Kandungan Temulawak dan Manfaatnya

Kandungan temulawak dan manfaatnya ternyata sangat baik untuk tubuh. Sebab, temulawak (Curcuma xanthorrhiza) yang biasanya dijadikan bumbu dapur ini bisa menyehatkan tubuh Anda. Temu lawak memiliki bentuk yang mirip dengan kunyit. Selain itu dari segi warna juga tidak berbeda jauh. Hanya saja temulawak biasanya memiliki ukuran lebih besar dan warnanya cenderung jingga kecokelatan. Perbedaan paling mencolok dari kedu rimpang ini adalah dari segi aroma dan rasa. Aroma temulawak lebih lembut dan rasanya lezat tidak sekuat kunyit. Tidak heran jika rimpang ini kerap digunakan untuk minuman. Minuman yang menggunakan temu lawak di antaranya adalah bajigur yang merupakan minuman khas Jawa Barat. Temu lawak juga bisa dibuat menjadi sirup yang menyegarkan dan penuh manfaat. Untuk mengetahui apa saja kandungan dan manfaatnya, simak selengkapnya berikut ini.

Kandungan Temulawak dan Manfaatnya: Kandungan Temulawak

Temulawak sudah digunakan sejak zaman dahulu dalam jamu tradisional dengan beragam manfaat. Manfaat tersebut diperoleh dari berbagai bahan aktif yang terkandung dalam temulawak. Secara umum, kandungan utama yang terdapat pada temu lawak adalah:Kandungan temulawak dan manfaatnya

  1. Karbohidrat dalam bentuk pati sebanyak 79,97%.
  2. Serat sebanyak 0,80%.
  3. Protein sebanyak 1,52%.
  4. Lemak 1,35%.
  5. Kurkumin sebanyak 15 mg/Kg temulawak.
  6. Kalium sebanyak 11,45 mg/Kg temulawak.
  7. Kalsium sebanyak 19 mg/Kg temulawak.

Selain kandungan temulawak dan manfaatnya di atas, terdapat juga kandungan phellandren, tumerol, dan borneol. Kandungan tersebut hanya ditemukan dalam jumlah kecil, sehingga terkadang tidak terdeteksi saat proses analisis. Temulawak juga mengandung sejumlah kecil mineral penting dan bermanfaat untuk tubuh. Di antaranya adalah natrium, zat besi, magnesium, mangan, dan kadmium. Khusus kandungan mineral, kadarnya akan berbeda di setiap temulawak. Bahkan, pada kondisi tertentu ada beberapa mineral yang tidak ada.

sumber Wikipedia.

Kandungan Temulawak dan Manfaatnya: Manfaat Temulawak

Dunia kuliner juga sudah lama menggunakan temulawak sudiantaranya sebagai penyedap masakan dan pewarna alami.  Selain kuliner, pengobatan tradisional juga sudah lama menggunakan rimpang sebagai bahan pembuat obat. Karena temulawak memiliki kandungan yang beragam, maka manfaatnya untuk kesehatan tubuh juga sangat banyak. Berikut ini adalah berbagai manfaat temulawak untuk kesehatan:Kandungan temulawak dan manfaatnya

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Temulawak juga mampu mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare, dan sembelit. Bahkan, kandungan kurkuminnya dapat merangsang produksi cairan empedu. Cairan empedu sendiri berguna untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Kandungan temulawak dan manfaatnya juga memiliki potensi untuk mengobati gastritis.

Manfaat Temu Lawak Untuk Menguatkan Imunitas Tubuh

Kandungan nutrisi temulawak ternyata mampu meningkatkan kinerja sel darah putih. Dengan demikian, secara otomatis sistem imun tubuh juga ikut meningkat. Dengan daya tubuh yang kuat, Anda akan terhindar dari berbagai serangan penyakit. Sehingga, tubuh akan terus sehat di tengah cuaca ekstrem dan musim pancaroba.

Manfaat Temu Lawak Untuk Mencegah Kanker

Temulawak juga bermanfaat untuk mencegah kanker karena memiliki efek antiradang dan antioksidan yang cukup kuat. Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa rimpang ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Misalnya saja kanker rahim, hati dan payudara. Namun demikian dunia medis belum bisa menggunakan temu lawakl sebagai obat kanker. Perlu penelitian mendalam mengenai kandungan temulawak dan manfaatnya.

Manfaat Temu Lawak Untuk Mengatasi Osteoarthritis

Manfaat berikutnya dari temulawak adalah dapat mengatasi osteoarthritis. Sebab, rimpang ini memiliki manfaat antiradang yang sama baiknya seperti ibuprofen. Menariknya, temulawak tidak menyebabkan efek samping.

Manfaat Temu Lawak Antibakteri dan Antijamur

Temulawak mempunyai khasiat anti bakteri dari kandungan fenolik dan kurkuminoidnya. Bahkan rimpang asli indonesia ini efektif untuk membasmi bakteri Staphylococcus dan Salmonela. Untuk antijamurnya sendiri temulawak terbukti berpotensi ntuk mengatasi jamur golongan dermatofita. Golongan ini bisanya menginfeksi kulit kepada dan sangat menular. Sejak dahulu racikan jamu tradisional jugam menggunakan Temulawak ssebagai salah satu bahannya. Hal ini merupakan suatu bukti bahwa kandungan temulawak dan manfaatnya untuk kesehatan sangat banyak.